Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

Posted on

Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam – Ketika masuk ke trimester awal kehamilan, ibu hamil akan memiliki kecenderungan terhadap makanan tertentu. Hal ini bisa disebut sebagai ngidam. Banyak yang mengatakan ngidam hanyalah keinginan dari ibu hamil saja. padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya ngidam bisa menjadi sinyal bahwa tubuh kekurangan nutrisi. Pasalnya hubungan antara ngidam dengan sinyal yang diberikan oleh otak sangat tinggi. Maka dari itu anda wajib tahu apa saja alasan mengapa ibu hamil mengalami ngidam pada awal kehamilan.

Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

Ngidam biasanya akan berkurang intensitasnya jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua sampai ketiga. Biasanya ibu hamil akan cenderung lebih sensitif terhadap makanan tertentu padahal di luar kehamilan ia bisa mengonsumsinya. Hal ini juga bisa saja sebaliknya dimana ibu hamil bisa makan makanan tertentu padahal di luar kehamilan ia tidak menyukainya sama sekali. Nah, bagi yang penasaran apa saja alasan yang menyebabkan ibu hamil mengalami ngidam, berikut ulasannya.

artikel menarik lain nya

Berbagai Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

  1. Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam karena Pengaruh Hormon

Beberapa ibu hamil akan senang dengan makanan yang mungkin tidak disukainya sebelum mengandung. Begitu pula sebaliknya. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon yang dialaminya mampu memengaruhi penerimaan terhadap bau dan rasa sebuah makanan. Pada saat trimester awal, hormon Human Chorionic Honadothropine akan meningkat dan menurun ketika sudah menginjak trimester kedua sampai ketiga.

  1. Kekurangan gizi

Ibu hamil akan memerlukan gizi lebih banyak dibanding sebelumnya. Oleh sebab itu otak akan merespon secara cepat kekurangan gizi tersebut dengan keinginan makanan makanan tertentu. Misalnya jika ibu hamil kekurangan vitamin C atau serat, maka akan timbul keinginan untuk mengonsumsi sayur atau buah tertentu. Setelah kebutuhan gizinya terpenuhi, rasa ngidam tersebut akan hilang.

  1. Kekurangan makanan

Tubuh yang kekurangan makanan juga bisa memicu perasaan ngidam selama hamil. Saat memasuki trimester pertama, tubuh akan beradaptasi dengan berbagai perubahan termasuk perubahan kebutuhan gizi. Otak secara responsif akan mengirim sinyal akan makanan tertentu yang diinginkan. Namun tak jarang ibu hamil mengalami pica. Pica merupakan sebuah gangguan dimana ibu hamil tidak menginginkan makanan namun barang-barang tertentu. itu salah satu Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

  1. Makanan comfort

Ketika tengah mengandung, ibu hamil akan menginginkan makanan-makanan kesukaan mereka. misalnya es krim, cake, aneka roti, dsb. Hal ini sangat berkaitan dengan rasa nyaman dan keinginannya dimanja selama kehamilan. Beberapa jenis makanan memang sangat mengganggu indera penciuman ibu hamil yang sensitif. Hal ini menyebabkan ibu hamil cenderung lebih spesifik dalam memilih makanan.

  1. Rangsangan bau

Indera penciuman ibu hamil lebih sensitif berkali lipat dibandingkan wanita diluar kehamilan. hal ini bisa memicu rasa ngidam karena rangsangan bau yang dikeluarkan makanan. Aroma tersebut bisa memicu keinginannya untuk makanan makanan tertentu. Misalnya coklat, roti bakar, aneka jenis buah, dsb. Anda bisa menuruti keinginan makanan makanan tersebut namun juga mesti mempertimbangkan asupan gizi dan dampaknya.

Itu dia beberapa alasan mengapa ibu hamil mengalami ngidam yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

 

One thought on “Alasan Ibu Hamil Mengalami Ngidam

Comments are closed.