soda bagi ibu hamil

bahaya minuman soda bagi ibu hamil

Posted on

Bahaya Minum Soda Bagi Ibu Hamil – Minuman bersoda memang memiliki rasa yang lezat. tak jarang banyak yang ketagihan karena di dalamnya terkandung kafein cukup tinggi. Minuman pabrikan ini sebaiknya tidak masuk dalam daftar yang anda konsumsi selama kehamilan. Rasanya yang menyegarkan memang menggugah selera. namun bukan berarti anda mesti menuruti keinginan mengonsumsi minuman bersoda atas dasar ngidam. Pasalnya di dalam minuman pabrikan ini anda hanya akan mendapatkan manfaat buruk bagi kehamilan. baik bagi diri sendiri maupun janin.

soda bagi ibu hamil

Di dalam minuman bersoda, anda akan mendapati aneka zat pemanis buatan. Misalnya siklamat, sakarin, hingga bebagai zat kimia yang memicu rasa khas dari soda tersebut. maka dari itu sebagai ibu hamil wajib kiranya lebih selektif memilih minuman yang akan dikonsumsi. Memang di luar kehamilan, minuman bersoda tidak ada pengaruhnya asal dikonsumsi secara tidak berlebihan. Namun berbeda reaksinya untuk para wanita hamil. Berikut bahaya selengkapnya untuk minuman bersoda bagi ibu hamil.

Berbagai Bahaya Minum Soda Bagi Ibu Hamil

  1. Memicu obesitas

Soda mengandung gula dalam jumlah tinggi. Oleh sebab itu minuman satu ini sebaiknya tidak anda konsumsi selama kehamilan karena beresiko tinggi memicu obesitas. Obesitas sangat tidak menguntungkan anda selama kehamilan. Pasalnya kelebihan berat badan ini akan menyebabkan sulitnya proses persalinan.

  1. Tekanan darah tinggi

Kandungan kafein pada soda juga bisa memicu risiko tekanan darah tinggi lebih besar dibandingkan wanita di luar kehamilan. selain itu zat tersebut juga bisa memicu ketagihan dan menyebabkan risiko darah tinggi semakin meningkat. oleh sebab itu, konsumsi soda sebaiknya dihentikan setelah anda diputuskan sedang mengandung.

  1. Mengganggu kesehatan tulang

Zat kimia seperti asam fosfat berkontribusi menyebabkan meningkatnya penyerapan fosfor dalam tubuh. hal ini membuat penyerapan kalsium berkurang dan risiko pengeroposan tulang bisa terjadi. Maka dari itu untuk mengurangi risiko osteoporosis sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda semaksimal mungkin. Konsumsi jenis minuman lain yang lebih sehat.

  1. Menurunkan kemampuan sistem imun

Gula buatan yang ada minuman satu ini mampu membuat sel darah putih tidak bekerja secara efektif. Hal ini akan membuat perlindungan tubuh dari berbagai virus dan bakteri menjadi tidak maksimal. Kehamilan pun akan terganggu karena sistem imun yang menurun dalam tubuh. menurunnya sistem imun membuat anda lebih rentan terinfeksi virus serta berbagai macam penyakit.

  1. Risiko cacat lahir

Sakarin yang ada pada minuman soda bagi ibu hamil mampu memperbesar risiko cacat lahir. Sakarin akan bereaksi negatif bagi tubuh terutama bagi janin yang belum siap menerima asupan zat kimia berbahaya. Hindari mengonsumsi minuman bersoda dan sebaiknya redam keinginan anda untuk mengonsumsinya demi kesehatan dan keselamatan janin yang anda kandung.

Baca juga artikel menarik berikut ini

Itu dia beberapa bahaya minuman soda bagi ibu hamil yang mesti diketahui oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda