bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil

Bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil

Posted on

Bahaya Rumput Fatimah Bagi Ibu Hamil – Rumput fatimah sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang bisa melancarkan persalinan. Meskipun manfaatnya sangat besar bagi wanita namun rumput kering ini mengandung sejumlah zat berbahaya yang sangat buruk bagi ibu hamil. Rumput fatimah bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti keguguran, kontraksi paksa, hingga rahim robek. Penggunaan air rendaman rumput fatimah biasanya untuk urusan kelancaran persalinan normal. namun penggunaan tersebut mesti diperhatikan karena jika berlebihan akan fatal bagi ibu hamil.
Mengonsumsi rumput fatimah mampu melancarkan proses persalinan karena pasca dikonsumsi ibu hamil akan mengalami kontraksi. Tentu saja kondisi tersebut sangat menguntungkan jika ibu hamil sudah siap melahirkan namun belum kunjung mengalami kontraksi. Namun efek sebaliknya bisa anda dapatkan. Misalnya keguguran karena janin mengalami stress akibat kontraksi paksa yang dialami rahim. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil.

bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil

Berbagai Bahaya Rumput Fatimah bagi ibu hamil

1. Menyebabkan kontraksi paksa

Rumput fatimah kerap digunakan sebagai bahan alami untuk melancarkan persalinan. Namun kontraksi yang disebabkan karena rumput satu ini adalah kontraksi paksa. Senyawa fitokimianya akan menyebabkan aktivitas kontraksi berjalan lebih cepat. Kontraksi paksa ini akan menyebabkan janin stress dan tidak kuat menghadapinya. Hal ini bisa menyebabkan kondisi gagal jantung bagi janin. Efek buruknya adalah janin bisa meninggal di dalam rahim.

Artikel terkait: bahaya soda bagi ibu hamil

2. Menyebabkan pendarahan

Jika rumput fatimah direndam dalam waktu lama, maka akan menyebabkan meningkatnya kadar racun yang dimilikinya. Jika diminum dengan tujuan melancarkan proses persalinan, ibu hamil justru akan mengalami pendarahan. Pendarahan tersebut terjadi karena rahim tidak kuat menahan kontraksi hebat pasca meminum rumput tersebut. selain itu kondisinya kian buruk dengan gejala keracunan yang dialami oleh janin di dalam kandungan.

3. Ketuban pecah dan pembukaan belum sempurna

Efek samping lainnya adalah bisa menyebabkan ketuban pecah. Air ketuban akan pecah namun dalam kondisi pembukaan belum sepenuhnya sempurna. Kondisi tersebut sangat beresiko bagi ibu hamil dan janin. Jika tidak segera ditangani oleh pihak medis maka akan berpotensi menyebabkan kematian ibu dan anak. kontraksi paksa yang dialami ibu hamil akan membuat ketuban pecah dalam kondisi ibu hamil belum siap.

4. Menyebabkan rahim sobek

Jika air rendaman rumput fatimah diminum ketika bayi belum turun sepenuhnya maka akan menyebabkan rasa kontraksi penuh. Kontraksi penuh ini akan memperbesar kemungkinan rahim mengalami sobek. Rahim sobek akan lebih merepotkan dari segi penanganan. Selain itu pendarahan yang sulit dikendalikan juga bisa terjadi. Kondisi tersebut sangat membahayakan bagi ibu hamil dan janin.
Itu dia beberapa bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil. Untuk meminimalisir resiko sebaiknya konsumsi makanan atau lakukan cara lain yang lebih aman dalam memperlancar persalinan. Semoga bermanfaat