Proses Kunjungan Ke Dokter Saat Sedang Hamil

Proses Kunjungan Ke Dokter Saat Sedang Hamil

Posted on

Perawatan prenatal adalah tindakan memiliki gaya hidup sehat saat Anda hamil. Termasuk dengan cara pergi ke dokter untuk kunjungan rutin. Aktivitras demikan merupakan salah satu upaya agar memiliki kelahiran yang sehat dan normal.

Proses Kunjungan Ke Dokter Saat Sedang Hamil

Proses Kunjungan Ke Dokter Saat Sedang Hamil

Segera jadwalkan janji temu dengan dokter setelah Anda tahu kalau Anda hamil. Dokter akan mulai dengan meninjau riwayat medis Anda. Mereka juga ingin tahu tentang gejala Anda.

Pada setiap kunjungan, dokter akan mencatat berat dan tekanan darah Anda. Pengukuran ini membantu melacak kesehatan Anda selama kehamilan.

Sampel urin dan darah akan diambil pada kunjungan pertama dan lagi pada kunjungan berikutnya. Tes urin memeriksa bakteri, kadar gula tinggi (yang bisa menjadi tanda diabetes), dan kadar protein tinggi (yang bisa menjadi pertanda preeklampsia, sejenis tekanan darah tinggi selama kehamilan).

Tes darah memeriksa jumlah sel darah, golongan darah, kadar zat besi yang rendah (anemia) dan penyakit menular (seperti sifilis, HIV, dan hepatitis).

Dokter dapat melakukan tes lain pada kunjungan pertama Anda. Ini mungkin berbeda berdasarkan latar belakang Anda dan risiko masalah. Tes dapat meliputi:

  • Pemeriksaan panggul untuk memeriksa ukuran dan bentuk rahim Anda.
  • Pap smear untuk menyaring kanker serviks.
  • Ultrasonografi untuk melihat pertumbuhan dan posisi bayi Anda. Ultrasonografi menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bayi Anda di layar video.

Setelah kunjungan pertama Anda, Anda akan melakukan kunjungan pranatal setiap 4 minggu. Saat di bulan 7 dan 8, Anda akan berkunjung ke Dokter setiap 2 minggu sekali.

Baca Juga : Imunisasi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Pada bulan terakhir kehamilan Anda, kunjungan akan terjadi setiap minggu sampai Anda melahirkan bayi Anda. Pada setiap kunjungan, dokter akan memeriksa berat dan tekanan darah Anda dan menguji air seni Anda.

Dokter akan mendengarkan detak jantung bayi dan mengukur tinggi rahim di perut Anda setelah minggu ke-20. Nah jika sudah sampai di minggu 20, Anda harus benar-benar sering berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian sekilas gambaran proses kunjungan ke Dokter saat Anda sedang hamil. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi khususnya bagi para calon ibu yang mendambakan putra putrinya.