manfaat es krim

Es Krim VS Gelato Ternyata Beda, Lebih Manfaat Mana?

Posted on

Makanan pencuci mulut bercita rasa manis sudah pasti menjadi favorit banyak orang. Apalagi es krim dan gelato. Baik anak-anak maupun orang tua, tidak ada yang bisa menolak kudapan yang satu ini. Tak heran, jika industri produksi es krim dan gelato pun terbilang stabil dan langgeng dari tahun ke tahun. Selain menggoyang lidah, manfaat es krim dan gelato juga sangat dibutuhkan penikmatnya.

manfaat es krim

Es krim, seperti yang kita ketahui, mudah dijumpai dimana-mana. Mulai dari menu di sebuah restoran, dagangan di toko yang dibuat oleh industri rumahan maupun produksi pabrik besar, hingga es krim yang dijajakan keliling para penjual dengan sepeda. Sejarah es krim sangat kuno, yakni mulai dikenal sejak abad ke 2 sebelum masehi. Diketahui penguasa bernama Alexander Agung menyukai salju yang dicampur madu.

Sedangkan gelato, dalam bahasa Italia berarti es krim. Pada dasarnya, bahan dasar membuat gelato sama saja dengan pembuatan es krim. Hanya saja, campur tangan orang Italia membuatnya lebih khas. Dimana campuran tambahan pada gelato lebih variatif dibanding es krim, serta rasanya sedikit berbeda yakni lebih light.

Dibuat dengan rasa manis yang disukai banyak orang, es krim dan gelato juga mempunyai manfaat yang tak semua orang ketahui.

artikel terkait: bahaya minuman soda bagi ibu hamil

 

Es Krim dan Gelato Itu Beda

Meskipun sekilas tampilannya terlihat sama, namun es krim dan gelato memiliki perbedaan. Pertama, tekstur gelato terasa lebih lembut dibanding es krim. Hal ini disebabkan oleh kandungan es krim yang mengandung krim, sementara gelato hanya menggunakan sedikit krim atau bahkan hanya menggunakan gandum sebagai pemadat tekstur. Kedua, ketahanan dalam suhu ruangan dari gelato lebih rendah dibanding es krim. Sehingga gelato mudah mencair di suhu ruangan. Hal ini juga disebabkan kandungan gelato yang lebih ringan dibanding es krim. Ketiga, aroma dan rasa gelato lebih light atau tidak sekuat perisa pada es krim. Selain kandungan susu, perisa yang digunakan es krim lebih banyak.

Dengan tiga perbedaan di atas, anda tentu memahami mengapa es krim lebih banyak dijual bebas dibanding dengan gelato, bukan? Alasannya yakni karena pembuatan gelato lebih sedikit ribet, serta gelato lebih rentan cair dibanding es krim. Sehingga perusahaan yang memproduksi makanan dingin lebih memilih membuat es krim untuk dijual secara massal. Sementara gelato lebih banyak ditemukan di toko rumahan atau restoran berskala kecil.

Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung

Manfaat Es Krim dan Gelato

Lalu, jika komposisi dan tekturnya saja sudah berbeda, bagaimana dengan manfaat yang terkandung di dalam es krim dan gelato? Sebenarnya, secara garis besar, es krim dan gelato memiliki manfaat yang hampir mirip. Dimana keduanya memiliki kandungan kalsium dari bahan baku susu. Manfaat kalsium sudah tak asing lagi untuk publik sebagai penguat tulang dan mencegah osteoporosis.

Selanjutnya, di dalam susu sebagai bahan baku utama es krim dan gelato pula, terdapat lemak di dalamnya. Anda jangan terburu-buru menganggap semua lemak itu berbahaya untuk tubuh. Sebab faktanya, lemak lah yang memberi kita energi untuk berkegiatan. Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka es krim dan gelato sangat baik untuk tubuh anda. Meskipun begitu, es krim memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan dengan gelato. Sehingga untuk anda yang sedang diet, gelato lebih cocok dikonsumsi. Perisa pada es krim dan gelato juga memiliki manfaat. Seperti cokelat yang terbukti dalam meningkatkan rasa bahagia dalam diri manusia. Hal ini juga berlaku jika anda mengonsumsi makanan dengan rasa yang anda suka. Sehingga es krim dan gelato bisa memicu mood atau perasaan baik untuk anda.

Selain itu, ada segudang manfaat dari eskrim yang wajib annda ketahui, agar anda tak melulu merasa bersalah jika memakannya. Baca info lengkapnya di sini https://www.cekaja.com/info/suka-es-krim-ini-sederet-manfaat-baiknya/